Kawasan Wisata ALAM

COBAN BAUNG

.: Wisata Gunung Baung

Taman Wisata Alam [TWA] Gunung Baung terletak di Desa Cowek, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.Gunung Baung yang berdampingan dengan Kebun Raya Purwodadi ini mempunyai keanekaragaman hayati dan keindahan alam.

Di kawasan ini  berbagai sarana dan prasarana untuk aktifitas wisata alam sekaligus pendidikan diadakan, seperti pendidikan Sumber Daya Alam (SDA), konservasi lingkungan hidup, inventarisasi flora dan fauna, praktek teknologi ramah lingkungan, kegiatan wisata petualangan, serta wahana kegiatan alam terbuka.
Untuk menuju lokasi,  bisa dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, karena berada di tepi jalan raya Surabaya – Malang, tepatnya di belakang Kebun Raya Purwodadi. Secara tepatnya lokasi ini berbatasan Desa Kertasari Kecamatan Purwosari di utara, sebelah timur Desa Lebakrejo Kecamatan Purwodadi, di selatan berbatasan dengan Desa Cowek Kecamatan Purwosari, dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kebun Raya Purwodadi.
Mengunjungi Taman Wisata Alam ini bisa beragam hal dinikmati dan dijamin akan terpuaskan, terutama bagi mereka yang gemar berpetualang dialam bebas, menjelajah hutan [hiking], berkemah [camping], serta kegiatan alam terbuka lainnya. Dengan topografi di kawasan ini bergelombang sampai berbukit, hanya sebagian kecil bertopografi landai dan curam dengan puncak tertinggi Gunung Baung [501 mdpl] dan terendah 250 m di atas permukaan laut.
Kawasan TWA Gunung Baung memiliki hutan tropis dataran rendah yang menyimpan keanekaragaman hayati yang masih alami. Salah satunya yang paling unik adalah kawasan komunitas hutan bambu. Selain itu juga terdapat pohon beringin (Ficus benyamina), walikukun (Scoutenis ovata), dan saga (Abrus precatorius) yang turut menghiasi hutan tropis yang ada.
Panorama alam yang asri dan sejuk dengan latar belakang dua buah gunung, serta Kebun Raya Purwodadi turut melengkapi keindahan kawasan TWA Gunung Baung. Keindahan alam pegunungan tersebut bisa dinikmati pengunjung melalui menara pandang yang memeiliki tower dan teleskop pengindra.
Tidak hanya itu jika ingin menantang diri dengan menyusur sungai bisa dilakukan disini.  Karena di kawasan TWA Gunung Baung terdapat dua sungai permanen yang terus mengalir sepanjang tahun, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.
Untuk menyeberangi Sungai Welang, di bagian hulu terdapat jembatan layang yang membentang di atas sungai. Kedua aliran sungai tersebut dapat digunakan untuk sarana air bersih dan irigasi, pembangkit energi, memancing, atau kegiatan susur sungai [fun-rafting & river boat].
Kegiatan susur sungai menggunakan perahu karet dengan memanfaatkan batuan sungai sebagai lintasan / track. Selama melakukan pengarungan, pengunjung juga dapat menonton aksi kelelawar besar yang bertengger di pohon pada musim tertentu.
Satu loaksi yang menjadi primadonanya adalah air terjun Coban Baung dengan ketinggian ± 100 m. Air terjun ini merupakan pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji. Tebing-tebing yang tinggi di sekitar Coban Baung juga bakal menambah keindahan tempat ini. Selain air terjun Coban Baung, di sisi timur TWA Gunung Baung juga terdapat empat air terjun dengan ketinggian 10 – 20 meter yang terletak di sepanjang aliran Sungai Beji. Keindahannya juga tidak kalah dengan air terjun Coban Baung.
Jika ingin lebih berlama-lama di  lokasi ini dengan tidak meninggalkan hobi yang kini lagi digadrungi adalah berselancar di dunia maya (internet) di Pusat Pendidikan Konservasi SDA di TWA Baung Camp bisa dilakukan. Karena dilengkapi fasilitas “HOTSPOT”. Cakupan areal “HOTSPOT” Baung Camp meliput sekitar 2 km2, sehingga beberapa desa di sekitar Baung Camp dapat memanfaatkan fasilitas “HOTSPOT” Baung Camp ini. (sumber Perhutani unit II jatim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s